Mengenal Manggulu, Makanan Khas Sumba Timur yang Siap Memanjakan Lidah

- 29 Maret 2023, 01:07 WIB
Mengenal Manggulu, Makanan Khas Sumba Timur yang Siap Memanjakan Lidah.
Mengenal Manggulu, Makanan Khas Sumba Timur yang Siap Memanjakan Lidah. /Manggulusumba.wixsite.com/

SUMBA STORI - Selain terkenal dengan keindahan alam dan kekayaan budayanya, Sumba Timur juga menawarkan banyak sajian lezat salah satunya manggulu, yang bisa dinikmati pengunjung.

Berkunjung ke Kabupaten Sumba Timur tidak akan lengkap tanpa mencicipi berbagai hidangan dan cita rasa yang lezat. Aneka masakan khas berbahan dasar olahan sumber daya alam dari Sumba Timur.

Kuliner khas Sumba Timur juga sangat lengkap seperti sup ayam kampung, urab, dan seafood khas Sumba Timur siap menggugah selera wisatawan.

Baca Juga: Berikut 2 Makanan Khas Sumba Enak dan Kaya Rasa yang Jarang Diketahui?

Salah satu makanan khas Sumba yang wajib kamu coba adalah Manggulu. Manggulu merupakan sebuah makanan khas Sumba Timur. Manggulu adalah makanan khas Sumba Timur, provinsi NTT. Manggulu memiliki rasa yang sedikit asam namun memiliki rasa yang manis, bagi kamu yang baru pertama kali mencobanya pasti akan mengira Manggulu merupakan pisang basi, akan tetapi bukan karena Manggulu terbuat dari pisang, gula merah dan kacang tanah.

Cara membuatnya sangat sederhana, cukup jemur pisang hingga 3 hari, lalu goreng kacang tanpa minyak dan siapkan gula merah. Setelah semua bahan disiapkan, haluskan pisang dengan alu, setelah dihaluskan sedikit tambahkan kacang tanah dan gula merah, haluskan hingga ketiga bahan tercampur rata dan tercampur sempurna.

Setelah semua bahan tercampur rata, angkat, lalu bentuk memanjang dengan tangan dan bungkus dengan daun pisang atau lontar, dan manggulu siap dihidangkan. Bagi sebagian besar masyarakat Sumba, masakan ini tentu sangat digemari.

Halaman:

Editor: Yanto Tena


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x