Catat! Ini Jadwal dan Skema Pencairan Bansos BPNT 2024

- 2 Januari 2024, 00:53 WIB
BPNT sudah cair? Simak infonya di sini.
BPNT sudah cair? Simak infonya di sini. /Satria Hafidz/Portalkudus.com

SUMBA STORI - Bantuan sosial (bansos) Beras Penerimaan Non Tunai (BPNT) merupakan program yang sangat diperlukan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka menurunkan tingkat kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Namun, banyak orang bertanya-tanya apakah program ini akan dipertahankan dan diluncurkan kembali pada tahun 2024, serta kapan jadwalnya.

BPNT diperkenalkan sebagai cara untuk menjangkau sebanyak mungkin keluarga yang kurang mampu dan memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pada program ini, disediakan bantuan berupa paket beras yang akan disebarluaskan melalui kartu elektronik kepada keluarga penerima manfaat yang berada di berbagai wilayah Indonesia.

Sejak diperkenalkan, BPNT telah memberikan bantuan pada banyak keluarga untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka.

Namun, pentingnya keberlanjutan program ini setiap tahun menjadi sorotan utama. Tidak ada jaminan apakah program BPNT akan terus berlanjut di tahun 2024 dengan pendanaan dan peraturan yang serupa dengan tahun-tahun sebelumnya. Kebijakan terkait program ini dapat berubah sesuai dengan penilaian performa, anggaran yang ada, dan prioritas pemerintah di masa depan.

Biasanya, pemerintah pusat, terutama Kementerian Sosial Republik Indonesia, secara umum mengumumkan program BPNT yang berkelanjutan.

Pemberitahuan mengenai jadwal atau kebijakan terbaru yang terkait dengan program ini akan diberikan melalui berbagai saluran komunikasi resmi pemerintah, seperti situs web resmi, konferensi pers, atau pengumuman resmi dari instansi yang bersangkutan.

Bansos BPNT diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tercatat dalam Daftar Rumah Tangga Sangat Miskin (DTKS) dengan jumlah sebesar Rp200.000 per bulan.

Halaman:

Editor: Yanto Tena


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x