Luar Biasa, Kemensos Salurkan Bantuan Senilai Rp370 Juta untuk Korban Gempa Bantul

- 1 Juli 2023, 22:43 WIB
Luar Biasa, Kemensos Salurkan Bantuan Senilai Rp370 Juta untuk Korban Gempa Bantul
Luar Biasa, Kemensos Salurkan Bantuan Senilai Rp370 Juta untuk Korban Gempa Bantul /Dok. Antara. Com/

SUMBA STORI - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan senilai Rp370.246.620 untuk penanganan korban gempa magnitudo 6,4 di selatan Jawa, yang cukup berdampak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Melalui Command Centre Kemensos RI dan WAG, Ibu Menteri telah memerintahkan seluruh petugas sentra/balai, Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan unsur pendamping Kemensos lainnya yang terdekat dengan wilayah terdampak gempa, seperti Solo, Yogyakarta, Magelang, Baturaden, Temanggung, dan Pati, untuk menyisir seluruh lokasi terdampak dan melakukan tindakan bantuan penanganan darurat kepada warga terdampak," ujar Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemensos Romal Uli Jaya Sinaga di Jakarta, Sabtu.

Ia merinci bantuan ini meliputi pendirian tenda serba guna untuk pengungsian di Pedukuhan Kuwon Kidul, Gunung Kidul.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Pantai Londa Lima: Memiliki Keindahan Alam yang Menjanjikan di Pulau Sumba

Penyaluran bantuan logistik Kemensos meliputi sejumlah kabupaten yang terdampak, seperti Kabupaten Pacitan (Jawa Timur), Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul (DIY), dan Kabupaten Kebumen (Jawa Tengah).

Bantuan logistik yang diberikan berupa makanan untuk anak-anak, makanan dan lauk pauk siap saji, peralatan tidur, pakaian anak-anak dan pakaian dewasa, alat dapur, tenda gulung, tenda serbaguna, dan tenda keluarga portabel.

"Bantuannya didistribusikan melalui Balai Soeharso Solo," ujar Romal.

Baca Juga: Bubarkan Praktik Judi, Babinsa Kena Marah dari Kapolres SBD Hingga Panitia Bela Diri dan Tebar Ancaman

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi magnitudo 6,4 selatan Jawa pada Jumat 30 Juni 2023 memiliki parameter terkini dengan magnitudo magnitudo 6,0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,63° LS ; 110,08° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 81 km arah selatan Kota Wates, Daerah Istimewa Yogyakarta pada kedalaman 67 km.

Halaman:

Editor: Beny Diktus

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x