Sejumlah Sepeda Terbuat dari Rotan Diekspor ke Prancis, Segini Harganya, Bukan Main

- 5 November 2023, 12:54 WIB
Pembuat sepeda rotan Zainal Bakri memperlihatkan karyanya untuk diekspor di Desa Ilie, Banda Aceh, Aceh, Sabtu, 4 November 2023
Pembuat sepeda rotan Zainal Bakri memperlihatkan karyanya untuk diekspor di Desa Ilie, Banda Aceh, Aceh, Sabtu, 4 November 2023 /ANTARA/Khalis Surry/

SUMBA STORI - Pengusaha kerajinan di Banda Aceh mengirimkan sebanyak 11 sepeda yang terbuat dari rotan ke Kota Paris, Prancis. Sepeda-sepeda ini dibeli oleh Yaboumba, sebuah lembaga yang peduli dengan satwa dan lingkungan.

“Ada 11 unit yang diekspor. Senin, 6 November 2023 kita kirim ke Surabaya dulu, baru kemudian dikirim ke Prancis,” kata perajin sepeda rotan Zainal Bakri di Gampong Ilie, Ulee Karang, Banda Aceh, Sabtu, 4 November 2023 sebagaimana dikutip Sumbastori.com dari ANTARA.

Sepeda untuk orang dewasa dibuat menggunakan rotan manau, yang merupakan jenis rotan terbaik di dunia dan berasal dari hutan Aceh. Harga per unit dari sepeda rotan merek Zen Bak adalah Rp5 juta.

“Saya buat sendiri, dibantu lima sampai enam orang untuk menekukkan rotan, halusin dan lain-lain. Ini semua dikerjakan secara manual,” kata Zainal menjelaskan.

Inovasi sepeda dari rotan ini, jelasnya lagi, pertama sekali muncul pada tahun 2017, dengan program rotan ramah lingkungan bersama Uni Eropa.

Selain itu, ia juga menunjukkan model awal sepeda yang terbuat dari rotan dalam ajang Forum Rotan Internasional yang diadakan Kementerian Perindustrian. Setelah itu, beberapa orang langsung mulai memproduksi sepeda rotan tersebut.

Tak hanya itu, dia juga menjadi anggota pusat inovasi rotan nasional di Palu, Sulawesi Tengah, dan memamerkan berbagai model sepeda yang terbuat dari rotan.

“Saya menjualnya ini ke Paris, ada mitra di sana. Dasar kami dulu adalah pusat konservasi satwa. Jadi Insha Allah, kalau ini bisa bagus, hasil transaksi ini nanti bisa kami sisihkan untuk pusat kegiatan konservasi satwa,” katanya.

Halaman:

Editor: Yanto Tena

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x