KABAR GEMBIRA! Bantuan PIP Kemdikbud Tahap 1 2024 Segera Masuk Rekening, Silakan Tersenyum

- 9 Februari 2024, 08:44 WIB
Bantuan PIP Cair Lagi, Tapi Jangan harap jika tidak masuk kategori ini
Bantuan PIP Cair Lagi, Tapi Jangan harap jika tidak masuk kategori ini /DOK. PIKIRAN RAKYAT

SUMBA STORI - Program bantuan pendidikan PIP Kemdikbud RI 2024 akan diberikan lagi oleh pemerintah kepada siswa dan siswi tingkat SD, SMP, SMA/SMK yang telah terdaftar dalam DTKS Kemensos RI.

Beberapa program bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) 10 kilogram telah dicairkan pada bulan Februari 2024.

Selain mendapatkan Bantuan PKH, BPNT, dan CBP 10 kilogram, penerima bantuan sosial juga akan menerima bantuan lainnya yang akan dicairkan pada bulan Februari. Salah satu bantuan sosial tersebut adalah bantuan PIP Kemdikbud RI.

PIP Kemdikbud RI 2024 dirancang untuk memberikan bantuan keuangan kepada siswa-siswi kelas berjalan di tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK yang berasal dari keluarga yang tidak memiliki kemampuan ekonomi yang cukup atau berada dalam kondisi yang rawan kefakiran.

Kementerian Keuangan RI telah mengalokasikan dana APBN sebesar Rp13,4 triliun untuk pendistribusian bantuan sosial PIP Kemdikbud RI pada tahun 2024.

Pada tahun 2024, PIP Kemdikbud RI memiliki tujuan untuk mencapai jumlah siswa aktif dan terdaftar sebanyak 18,6 juta di unit sekolah yang terdaftar di Dapodik pada tingkat Sekolah Dasar, Menengah Pertama, Menengah Atas, dan Menengah Kejuruan Sederajat.

Penerima bantuan sosial PIP dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mendapatkan bantuan pendidikan berupa uang subsidi untuk biaya sekolah dari tingkat dasar hingga menengah, termasuk sekolah SMA/SMK. Bantuan ini bisa diterima melalui jalur resmi atau jalur alternatif, termasuk program Paket A-C dan pendidikan khusus.

Pada tahun 2024, penerima bantuan PIP Kemdikbud RI dapat mencairkan dana mereka melalui rekening SimPel BRI dan BNI untuk memenuhi kebutuhan siswa atau sebagai bantuan operasional sekolah (BOS).

Kapan akan dilakukan pencairan dana bantuan PIP Kemdikbud RI Tahap 1 tahun 2024 periode Februari-April?

Halaman:

Editor: Yanto Tena


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x