Punya Utang Banyak? Pahami Manajemen Utang Supaya Hidup Tenang

- 4 Juli 2023, 20:46 WIB
Punya Utang Banyak? Pahami Manajemen Utang Supaya Hidup Tenang
Punya Utang Banyak? Pahami Manajemen Utang Supaya Hidup Tenang /Pexels/Ahsanjaya/

SUMBA STORI - Di era sekarang, berutang jadi lebih mudah. Kita bisa pinjam uang di aplikasi dengan cepat dan praktis. Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada bulan April 2023 ada sekitar 2,38 juta orang yang meminjam uang lewat aplikasi pinjaman online.

Jika dikumpulkan, angka seluruh pinjaman di atas mencapai Rp10,35 triliun,Namun hal itu, tingkat wanprestasi atau pembayaran kewajiban di atas 90 hari dari tanggal jatuh tempo yaitu 2,94 persen artinya, banyak orang yang tidak bayar.

Namun, angka tersebut masih kalah dengan Jawa Barat yang total pinjamannya mencapai Rp13,5 triliun.

Baca Juga: Kabar Gembira,Tarif Listrik Juli hingga September 2023 Tidak Naik

Di bulan April 2023, total pinjaman se-Indonesia sendiri adalah Rp50,5 triliun. Angka ini hanya untuk pinjaman dari aplikasi pinjaman online saja. Belum dari bank konvensional. Banyak juga, ya…

Tujuan orang berutang pun beragam. Mulai dari untuk kebutuhan sehari-hari, gadget, kendaraan, kebutuhan mendesak, dan lain sebagainya.

Manajemen Utang yang Baik

Baca Juga: Terkait Judi di Kabupaten SBD, IKBS Desak DPRD Panggil Kapolres, Lihat Tuh Isinya, Penting!

Memang, tidak ada yang salah dengan ngutang. Anda boleh ngutang online atau ke orang. Asal Anda bayar. Nah, supaya kamu bisa berutang dengan bijak dan tenang. Simak beberapa tips mengatur utang berikut ini.

Halaman:

Editor: Beny Diktus


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x