Pemerintah Berikan BLT Rp200 Ribu per Bulan kepada 18,8 Juta Keluarga, Kapan Cair?

- 30 Januari 2024, 21:40 WIB
Ilustrasi, BLT El Nino.
Ilustrasi, BLT El Nino. /Instagram @kemensosri/

SUMBA STORI - Kabar baik datang dari pemerintah untuk masyarakat seluruh Indonesia. Pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp200 kepada 18,8 juta keluarga.

Bantuan langsung tunai atau BLT ini disalurkan selama tiga bulan pertama 2024. Sehingga jumlah BLT untuk tiga bulan yang diterima keluarga penerima manfaat (KPM) untuk memitigasi risiko pangan, sebesar Rp600 ribu.

BLT untuk tiga bulan pertama ini yakni Januari, Februari dan Maret, menggantikan program El Nino yang sebelumnya menyasar sebanyak 18,8 juta KPM secara nasional, untuk antisipasi dampak kekeringan akibat fenomena iklim.

Baca Juga: BLT El Nino Rp400 Ribu Segera Cair Nih, Simak Ini Cara Periksa Bantuan Sosial Sehingga Tidak Salah Kamar

"Jumlahnya Rp200 ribu per bulan dan sehingga tentu ini kita baru anggarkan yang disetujui Menteri Keuangan, dievaluasi tiga bulan. Jadi, sampai bulan Maret dulu, nanti kita evaluasi, baru berikutnya nanti kita lihat kembali," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto seperti dikutip dari Antara, pada Selasa, 30 Januari 2024.

Meskipun demikian, Menko Airlangga menuturkan BLT tersebut menggantikan program BLT El Nino kepada masyarakat untuk dua bulan, yaitu November dan Desember 2023.

"Ini menggantikan program El Nino yang tahun kemarin diberikan di akhir tahun sebesar Rp200 per bulan juga, pada waktu itu selama dua bulan ataupun Rp400 ribu," ujarnya.

Baca Juga: Penerima BLT El Nino Rp400 Ribu yang Berhalangan Bisa Diwakilkan dengan Membawa Dokumen Ini

Lantas Tanggal Berapa BLT 2024 Cair?

Halaman:

Editor: Yanto Tena

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x