Cair Rp600 Ribu ke Rekening! Yuk Simak Cara Cek Bansos BLT Mitigasi Risiko Pangan 2024

- 11 Februari 2024, 02:26 WIB
Ilustrasi uang rupiah.
Ilustrasi uang rupiah. /Pexels/Robert Lens/

SUMBA STORI - Dalam rangka mengatasi risiko pangan, pemerintah telah memberikan bantuan sosial (Bansos) bantuan langsung tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan dengan jumlah uang sebesar Rp 600.000 kepada sebanyak 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh wilayah Indonesia.

Bantuan ini diberikan dengan tujuan membantu masyarakat yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 serta bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan gempa bumi.

Program BLT Mitigasi Risiko Pangan adalah sebuah inisiatif terbaru yang menggantikan program BLT El Nino yang sebelumnya diberikan pada bulan November hingga Desember 2023.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto bahwa bantuan tersebut akan diberikan dalam jangka waktu tiga bulan, yakni pada periode mulai Januari hingga Maret 2024.

Setiap anggota KPM akan mendapatkan bantuan langsung tunai sebesar Rp 200.000 setiap bulannya, sehingga jika dijumlahkan maka totalnya akan mencapai Rp 600.000.

Dalam artikel ini, kita akan membahas persyaratan dan langkah-langkah untuk memverifikasi daftar penerima bantuan langsung tunai Mitigasi Risiko Pangan.

Masyarakat yang sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) merupakan penerima BLT Mitigasi Risiko Pangan.

Jumlahnya setara dengan jumlah orang yang menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Murni, yaitu sebanyak 18,8 juta keluarga penerima manfaat.

Selain itu, penerima juga harus mengikuti persyaratan berikut: 

Halaman:

Editor: Yanto Tena


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x